WELCOME TO THE BLOGGER WORLD OF CAMERAMEN

Selamat Datang... Blog ini adalah penjelasan untuk pemula menjadi fotografer

PENGERTIAN APERTURE DALAM DUNIA FOTOGRAFI

    Aperture adalah salah satu spesifikasi yang penting pada kamera DSLR dan handphone. Aperture sering disebut sebagai “bukaan.” Aperture adalah bukaan diafragma pada kamera yang berfungsi mengatur jumlah cahaya yang masuk ke dalam sensor. Semakin lebar lubang tersebut, maka semakin banyak cahaya yang masuk. Aperture diukur dengan satuan f-stop, contohnya F/1.8, F/2.0, F/2.4, hingga F/5.6. Angka f yang ada di lensa menunjukan Aperture maksimum atau bukaan terlebar pada katup yang ada di lensa.



    Semakin kecil angka di belakang f, maka semakin lebar bukaan aperturenya. Lensa dengan F/1.8 bisa membuka katup lensa lebih lebar dibanding F/5.6. Artinya, F/1.8 bisa menangkap cahaya lebih banyak dibanding Aperture lebih besar.

Fungsi Aperture pada kamera cukup vital. Komponen ini mengatur terang gelapnya hasil foto. Berikut ini 3 fungsi Aperture pada kamera:
  • Mengontrol Cahaya. Semakin lebar bukaan kamera, semakin banyak cahaya yang masuk. Ini membuat hasil foto lebih terang. Kamera dengan aperture lebar juga bisa menangkap foto lebih terang di malam hari atau low light.

  • Mengatur Depth of Field. Kedalaman foto atau Depth of Field bisa diatur dengan memanfaatkan aperture. Aperture lebar membuat kamera hanya fokus ke objek sedangkan objek lain dalam keadaan blur. Sebaliknya Aperture sempit membuat semua bagian foto mempunyai ketajaman yang sama rata.

  • Mengatur Efek Difraksi. Aperture berfungsi mengatur efek penyebaran dari efek difraksi. Dengan mengatur angka pada aperture, Anda bisa atur penyebaran dari objek terang seperti lampu.
Share:

Blogroll

Kenapa buka blog ini? Kepo sama dunia kameramen yaa.... kata makna sinatria "Kamera instan itu soal kreativitas dan seni. Nggak ada salah atau benar, jadi potret apa aja yang kamu mau"

Popular Posts

Labels

Cari Blog Ini